Iklan


 

Mitra Usaha Indonesia
Kamis, 03 Oktober 2024, 21.55 WIB
Last Updated 2024-10-03T14:55:25Z
News

Catatkan Peningkatan Penumpang Sebesar 20,9% di Triwulan III Tahun 2024, KAI Daop 5 Purwokerto Apresiasi Pelanggan KA


PURWOKERTO - Kinerja bisnis KAI Daop 5 Purwokerto untuk angkutan penumpang terus menunjukkan trend positif. Data kinerja pada bulan September 2024 mencatat sebanyak 301.966 pelanggan berhasil diberangkatkan dari wilayah Daop 5 Purwokerto. Terjadi peningkatan volume angkutan penumpang sebanyak 27.720 pelanggan atau meningkat 10 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2023 yang hanya mengangkut sebanyak 274.246 pelanggan.


“Adanya peningkatan kinerja Angkutan Penumpang Daop 5 Purwokerto pada periode September 2024 ini tentunya menunjukkan bahwa moda transportasi KA masih menjadi moda pilihan masyarakat dalam bepergian. Hal ini tentu kami sambut dengan terus berkomitmen mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan pelanggan selama dalam perjalanan KA,” jelas Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih, Rabu (2/10/2024) dalam keterangan tertulisnya.

Beberapa faktor yang menunjang peningkatan volume penumpang di bulan September ini karena adanya berbagai event baik rangkaian HUT KAI di Daop 5 seperti Skybridge Fashion Walk, Skybridge Culture Night Festival atau event Video Mapping, Skybridge Fun Run, maupun event tahunan yang diselenggarakan Pemkab Banyumas seperti Festival Kentongan yang menjadi daya tarik masyarakat mengunjungi Kota Purwokerto.




Feni juga menambahkan untuk total angkutan penumpang dari bulan Januari s.d September 2024, Daop 5 mencatat sebanyak 2.965.508 penumpang atau naik sebanyak 20,9 persen dibandingkan periode yang sama di Tahun 2023 yang melayani sebanyak 2.453.866 penumpang.

 “Atas kinerja positif ini, KAI Daop 5 Purwokerto menghaturkan terima kasih kepada masyarakat atas kepercayaan yang diberikan dengan terus memilih moda transportasi kereta api sebagai pilihan utama untuk mendukung mobilitas dalam bepergian. KAI Daop 5 Purwokerto berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan dengan menjamin keselamatan, keamanan dan memastikan keandalan sarana dan prasarana untuk kelancaran operasional KA,” imbuh Feni.

Adanya peningkatan kinerja ini tentunya juga dibarengi dengan peningkatan layanan dengan berbagai inovasi dan peningkatan fasilitas pelanggan baik yang sudah dilakukan maupun yang akan terus dikembangkan menjadi wujud komitmen KAI Daop 5 untuk menghadirkan service excellent. Hal baru yang sudah dilakukan KAI Daop 5 Purwokerto adalah dengan mengganti sarana rangkaian KA Logawa relasi Stasiun Purwokerto – Jember PP dengan rangkaian Stainless Steel New Generation dimana perjalanan perdananya mulai Rabu (18/9/2024) lalu. KA Logawa Stainless Steel New Generation ini sudah dilengkapi dengan teknologi reclining seat sehingga penumpang bisa mengatur sudut kemiringan kursi sesuai kebutuhan, leg room lebih luas, arah hadap kursi sesuai arah laju KA, serta beberapa fitur baru yaitu pintu geser elektrik, info perjalanan elektrik dii setiap keretanya serta tombol pintu otomatis.

“Dengan peningkatan fasilitas layanan penumpang ini diharapkan sebagai wujud perkembangan perkeretaapian berkelanjutan yang didukung dengan transformasi digital dalam aspek keselamatan dan pelayanan untuk memberikan nilai tambah dan manfaat bagi masyarakat sekaligus meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang selamat, aman, nyaman dan tepat waktu,” pungkas Feni