Iklan


 

Mitra Usaha Indonesia
Jumat, 13 September 2024, 08.33 WIB
Last Updated 2024-09-13T01:33:34Z
News

Libur Long Weekend Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, KAI Daop 5 Purwokerto Tambah Kereta untuk Akomodir Pelanggan


MITRAUSAHA.ID - Liburan long weekend Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sudah di depan mata. Untuk mengakomodir tingginya antusiasme masyarakat yang ingin menikmati liburan long weekend Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW baik untuk beribadah maupun berlibur panjang bersama keluarga, KAI Daop 5 Purwokerto menambah formasi pada rangkaian beberapa KA keberangkatan awal dari wilayah Daop 5 Purwokerto.


Feni Novida Saragih selaku Manager Humas Daop 5 Purwokerto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/9), menyatakan bahwa berdasarkan data yang dihimpun hingga berita ini diturunkan, sebanyak 33.000 pelanggan akan berangkat dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto pada periode long weekend 13-17 September 2024. Angka ini masih akan terus bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung hingga jelang keberangkatan KA. Sementara untuk penumpang KA yang tiba stasiun-stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto pada periode yang sama tercatat sebanyak 33.200 pelanggan.

Untuk TOP 3 Stasiun dengan volume pelanggan berangkat terbanyak pada periode long weekend 13-17 September 2024 nanti adalah Stasiun Purwokerto yang melayani total sebanyak 11.798 pelanggan, disusul dengan Stasiun Kutoarjo yang melayani total sebanyak 5.446 pelanggan, dan di posisi ketiga yakni Stasiun Kroya yang melayani total sebanyak 3.542 pelanggan. Tentu angka ini juga masih akan terus bertambah mengingat penjualan tiket masih berlangsung hingga jelang keberangkatan KA.




Adapun penambahan formasi kereta pada periode libur panjang akhir momen Maulid Nabi SAW terdapat pada rangkaian KA sebagai berikut:

1. KA Sawunggalih (KA 147) relasi keberangkatan awal Stasiun Kutoarjo pada pukul 07.00 WIB melalui Purwokerto tujuan Pasar Senen dengan menambah satu kereta kelas ekonomi premium kapasitas 80 tempat duduk (TD) pada periode keberangkatan 13, 14, 15 September 2024 dari rangkaian semula membawa 2 kereta kelas eksekutif dan 6 kereta kelas ekonomi premium menjadi 2 kereta kelas eksekutif dan 7 kereta kelas ekonomi premium pada;

2. KA Sawunggalih (KA 147) relasi keberangkatan awal Stasiun Kutoarjo pada pukul 07.00 WIB melalui Purwokerto tujuan Pasar Senen dengan menambah dua kereta kelas ekonomi premium kapasitas 160 tempat duduk (TD) pada periode keberangkatan 16 - 17 September 2024, yang rangkaian semula membawa 2 kereta kelas eksekutif dan 6 kereta kelas ekonomi premium menjadi 2 kereta kelas eksekutif dan 8 kereta kelas ekonomi premium;

3. KA Sawunggalih (KA 149) relasi keberangkatan awal Stasiun Kutoarjo pada pukul 18.50 WIB melalui Purwokerto tujuan Pasar Senen dengan menambah satu kereta kelas ekonomi premium kapasitas 80 tempat duduk (TD) pada periode keberangkatan 13 s.d 17 September 2024, yang rangkaian semula membawa 2 kereta kelas eksekutif dan 6 kereta kelas ekonomi premium menjadi 2 kereta kelas eksekutif dan 7 kereta kelas ekonomi premium;

4. KA Purwojaya (KA 71) relasi keberangkatan awal Stasiun Cilacap-Purwokerto-Gambir dengan menambah satu kereta kelas eksekutif kapasitas 50 TD pada periode keberangkatan 13 s.d 17 September 2024, dari rangkaian semula membawa 9 kereta kelas eksekutif menjadi 10 kereta kelas eksekutif.

“Tempat duduk tambahan ini untuk mengakomodir antusiasme masyarakat dalam mempersiapkan liburan akhir pekan panjang Maulid Nabi SAW. Karena itu, kami mengimbau bagi pelanggan yang akan menuju Jakarta atau kota besar lainnya pada libur panjang Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di area Daop 5 Purwokerto dapat segera memanfaatkan penambahan ini,” pungkas Feni.

Selanjutnya, KAI Daop 5 Purwokerto mengimbau kepada masyarakat untuk dapat melakukan pemesanan tiket KA baik melalui aplikasi Access by KAI, laman kai.id, serta melalui semua saluran resmi pemesanan tiket kereta api lainnya yang telah bekerja sama dengan KAI. Manfaatkan pula fitur Connecting Train atau Kereta Sambungan yang dapat menjadi alternatif keberangkatan jika perjalanan KA yang diinginkan telah habis tiketnya.