Iklan


 

Mitra Usaha Indonesia
Kamis, 01 Agustus 2024, 21.58 WIB
Last Updated 2024-08-01T14:58:23Z
News

Teliti Stratifikasi Ekonomi dan Religiusitas Pekerja Tobong Bata, Sekprod HES Pascasarjana UIN Saizu Raih Kategori Best Paper


PRESTASI : Sekretaris Prodi Hukum Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto, Dr Ida Nurlaeli menorehkan prestasi membanggakan di tingkat internasional. (Foto : Dok UIN Saizu)
MITRAUSAHA. ID- Sekretaris Prodi Hukum Ekonomi Syariah (Sekprod HES) Pascasarjana UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto, Dr Ida Nurlaeli menorehkan prestasi membanggakan di tingkat internasional. Dia mendapat penghargaan Kategori Best Paper di International Conference on Sharia Economic Law (ICoShEL).


Dr Ida Nurlaeli melakukan penelitian berjudul 'Economic Stratification and Religiosity of “Tobong Bata” Workers in Pamijen Village, Sokaraja District, Banyumas Regency, Perspective of Muamalah al Adabiyyah.' Dia mengungkap aktivitas pekerja tobong bata di Desa Pamijen Kecamatan Sokaraja, Banyumas.

Dosen Pascasarjana UIN Saizu Purwokerto itu menyebut, kegiatan muamalah ada dua jenis, yaitu muamalah maddiyah dan muamalah al adabiyyah. Muamalah maddiyah adalah kegiatan muamalah yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan harta semata.

"Sedangkan muamalah al adabiyyah adalah kegiatan muamalah yang berkaitan dengan adanya ikatan norma, moral, aturan adat yang berdasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan, yang keduanya harus diterapkan secara seimbang, tata krama," jelasnya dalam keterangan Kamis (1/8/2024).

Namun kenyataannya di lapangan, lanjut dia, para pekerja batu bata di Tobong Bata Desa Pamijen, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas mengabaikan hal tersebut. Indikasinya adalah, pertama, rendahnya stratifikasi ekonomi akibat kinerja yang tidak profesional.

Yakni penggunaan alat manual dalam produksi, teknik promosi yang kurang memadai dan tidak adanya regenerasi. Kemudian hal kedua, mengenai rendahnya tingkat religiusitas, yakni pekerja mengabaikan kegiatan ibadah mahdhah seperti shalat, puasa, dan lain-lain.

Hal inilah yang mendorong para peneliti untuk meneliti dan mencari solusi atas ketimpangan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan sosiologi normatif, metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi.

"Analisis data dimulai dari pemilahan data, identifikasi tema dan pola, hingga pengembangan teori dari data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukan strategi untuk meningkatkan stratifikasi ekonomi dan religiusitas pekerja di Tobong Bata Desa Pamijen," jelasnya.

Strategi yang diperlukan tersebut antara lain, penggunaan alat-alat modern untuk meningkatkan produksi, pembinaan yang berkesinambungan untuk mewujudkan regenerasi, sosialisasi etika bisnis Islam sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja.

"Landasan akhlak dalam muamalah, sosialisasi dan pendampingan pelaksanaan ibadah mahdhah serta penyediaan tempat ibadah yang layak," tandasnya.