Iklan


 

Mitra Usaha Indonesia
Jumat, 09 Agustus 2024, 11.09 WIB
Last Updated 2024-08-09T04:09:37Z
News

Pengusaha Alumni Unsoed Berbagi Pengalaman untuk Mahasiswa dan Pelaku UMKM



Alumni Unsoed Membentuk PPAU untuk Mendukung KAUnsoed
MITRAUSAHA.ID - Sebagai upaya memperkuat ikatan dan dukungan antara alumni Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Persaudaraan Pengusaha Alumni Unsoed (PPAU) telah dideklarasikan pada hari Sabtu 03 Agustus 2024 di resto Mang Engking, Purwokerto. PPAU ini bertujuan untuk mendukung Keluarga Alumni Unsoed (KAUnsoed) dalam berbagai kegiatan dan program, di antaranya Pengusaha Alumni Unsoed dapat berbagi pengalaman untuk Mahasiswa dan Pelaku UMKM.


Hal tersebut dilaporkan Ir.H.Alief Einstein,M.Hum. usai bincang-bincang dengan alumni Fakultas Pertanian angkatan 1987 Ir.Ariyananda,S., Wawang,MM. pada hari ini Jum'at 09 Agustus 2024.

Ir. Erie Sasmito alumni Fakultas Peternakan Unsoed angkatan 1986, seorang pengusaha eksportir furniture dan kuliner dari Semarang, terpilih sebagai ketua PPAU pertama kalinya. Deklarasi dan pemilihan ketua PPAU dilakukan sehari sebelum Alumni Unsoed menggelar Munas IV KAUnsoed. Munas KAUnsoed yakni sebuah forum tertinggi dalam organisasi alumni Unsoed yang membahas strategi dan kegiatan alumni Unsoed, serta pemilihan ketua umum KAUnsoed, ujar Wawang (sapaan akrab Ir.Ariyananda,S., Wawang,MM).

Wawang yang juga Konsultan Manajemen SDM mengatakan bahwa setelah deklarasi, selanjutnya pada hari Rabu 07 Agustus 2024, PPAU segera menggelar rapat perdana di Heritage Resto, Bubakan Gn.Pati, Semarang. Kemudian, hasil dari rapat perdana, yakni personalia kepengurusan tingkat pusat dan daerah akan segera dibentuk, tegas ketua PPAU terpilih Erie Sasmito.

"Kami berharap PPAU dapat menjadi wadah yang efektif untuk meningkatkan sinergi dan kerja sama antara para pengusaha alumni Unsoed," kata Erie Sasmito dalam sambutannya.

Beberapa program kerja PPAU akan diselaraskan dengan program Rumah Besar alumni, yaitu KAUnsoed. Dengan demikian, PPAU diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kegiatan dan keberhasilan KAUnsoed, ujar Wawang.

Wawang menjelaskan bahwa PPAU (Persaudaraan Pengusaha Alumni Unsoed) memiliki peran penting dalam mendukung program KAUnsoed dalam kebersamaan pengembangan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) di masa depan. Berikut adalah beberapa aspek perannya:

*1. Mendukung Program KAUnsoed*
Sebagai Rumah Besar alumni, PPAU akan menyelaraskan dengan program kerja Rumah Besar alumni, yaitu KAUnsoed. Hal ini berarti bahwa PPAU akan berkontribusi dalam meningkatkan kegiatan dan keberhasilan KAUnsoed, sehingga dapat memperkuat sinergi, elaborasi – kolaborasi alumni. 

*2. Meningkatkan Interaksi Masyarakat dan Unsoed*
PPAU berfungsi sebagai sarana interaksi masyarakat pengusaha, para pelaku UMKM dengan pengusaha alumni Unsoed. 

*3. Membantu Pengembangan Pendidikan dan Penelitian*
Sebagai organisasi yang beranggotakan para pengusaha alumni, PPAU senantiasa berkontribusi dalam pengembangan pendidikan dan penelitian di Unsoed. PPAU dapat mengakomodir dan membantu program MBKM Unsoed, baik dapat memberikan sumber daya dan pengalaman yang relevan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di kampus Unsoed,

*4. Mengembangkan Kepengurusan dan Program Kerja*
PPAU akan membentuk kepengurusan tingkat pusat dan daerah, sesuai arahan Ketua Umum KAUnsoed. Hal ini menunjukkan bahwa PPAU akan memiliki struktur yang kuat dan dapat mengembangkan program kerja yang efektif untuk mendukung KAUnsoed dan Kampus Unsoed.

Dengan adanya PPAU, diharapkan akan tercipta lebih banyak kesempatan bagi para pengusaha alumni Unsoed untuk berbagi pengalaman dan sumber daya, menembus fenomena sekat primodial fakultas, primodial tahun angkatan seperti di organisasi alumni lainnya, pungkas Erie Sasmito. 

Wawang menambahkan bahwa hadir dalam rapat perdana tersebut para alumni Unsoed di antaranya Muhammad Gunawan (Pengusaha Alkes Nasional), Yani Afrianto (CEO Gendingan Adv), Rikbiyantini (owner Winnen Bakery), dan Wawang Ariyananda (konsultan MSDM).