Iklan


 

Mitra Usaha Indonesia
Rabu, 29 Mei 2024, 23.14 WIB
Last Updated 2024-05-29T16:14:55Z
News

Warung Oemah Jati Suguhkan Sensasi Baru dengan Rica-Rica Ikan Gurameh


MITRAUSAHA - Jika biasanya rica-rica identik dengan daging ayam, bebek, atau mentok, kini Warung Oemah Jati yang terletak di Jalan Raya Baturraden Timur, Desa Sumbang, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, menghadirkan inovasi kuliner dengan menyajikan rica-rica ikan gurameh. Hidangan ini menawarkan perpaduan cita rasa gurih, pedas, dan hangat yang memanjakan lidah dengan kelembutan daging ikan gurameh.


Proses Pengolahan yang Tradisional

Umumnya, ikan gurameh diolah dengan cara digoreng, dibakar, atau dibuat saos. Namun, di Warung Oemah Jati, ikan gurameh diolah menjadi masakan ala rica-rica menggunakan bumbu tradisional. Prosesnya dimulai dengan mencuci bersih satu ekor ikan gurameh, memotongnya sesuai ukuran, kemudian membumbuinya sebelum digoreng dalam minyak panas.

Rica-rica ikan gurameh ini diolah dengan bumbu tradisional seperti garam, daun salam, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cabai merah keriting, cabai merah besar, tomat, daun jeruk, dan serai. Setelah bumbu dihaluskan dan ditumis, ikan gurameh yang sudah matang dimasukkan, dan membutuhkan waktu sekitar 25 menit hingga rica-rica gurameh siap disajikan.



Antusiasme Penikmat Kuliner

Salah satu penikmat rica-rica gurameh, Joko Kumis, mengaku terkesan dengan keunikan menu ini. "Saya memilih menu yang aneh jika rica-rica dari mentok, ayam, dan bebek, tapi di Warung Oemah Jati justru rica-rica dibuat dari ikan gurameh. Dari rasanya, dagingnya empuk dan menekuk lidah. Bumbu rempah-rempahnya serta dimakan tidak bau tanah dan ini menjadi pembanding dengan masakan rica-rica di warung lainnya," ujarnya.

Menurut Joko Kumis, menu ini sangat cocok untuk makan siang yang spesial dan unik. "Ikan gurameh yang dimasak dengan bumbu rica-rica yang pedas dan gurih mampu menciptakan cita rasa yang super lezat hingga menekuk lidah," tambahnya.

Inspirasi dari Keluarga

Pemilik kedai, Epy Herianti, mengungkapkan bahwa ide awal membuat rica-rica gurameh bermula dari masakan yang ia buat untuk keluarganya. "Awalnya saya membuat rica-rica gurameh untuk keluarga. Anak dan suami merasakan masakannya enak dan keluarga mendukung untuk mendirikan warung makan. Untuk bumbunya terdiri dari bumbu rempah-rempah seperti bawang merah, putih, laos, garam, cabai, dan bumbu lainnya," kata Epy.

Epy juga menambahkan bahwa antusiasme pelanggan cukup baik, dengan rata-rata sepuluh ekor gurameh terjual setiap hari. Satu porsi rica-rica gurameh plus nasi dibanderol dengan harga Rp. 60.000.




Keistimewaan Warung Oemah Jati

Dengan cita rasa yang unik dan enak, rica-rica gurameh menjadi hidangan favorit banyak orang di Warung Oemah Jati. Warung yang didirikan oleh Epy Herianti ini kini menjadi destinasi kuliner yang menawarkan sensasi baru dalam menikmati olahan ikan gurameh yang menggugah selera.