Iklan


 

Mitra Usaha Indonesia
Selasa, 23 April 2024, 11.12 WIB
Last Updated 2024-04-23T04:12:13Z
News

Naik 22 Persen, KAI Daop 5 Purwokerto Layani 393.829 Penumpang


MITRAUSAHA.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menyelesaikan Angkutan Lebaran 2024 dengan sukses, yang berlangsung selama 22 hari dari H-10 Lebaran hingga H2+10. Selama periode tersebut, KAI Daop 5 Purwokerto melayani total 393.829 pelanggan yang berangkat dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 5, dengan rata-rata 17.901 pelanggan berangkat per hari.


Angka ini mencerminkan peningkatan signifikan sebesar 22% dibandingkan periode Angkutan Lebaran 2023, di mana KAI Daop 5 Purwokerto melayani 323.326 pelanggan. Rincian volume penumpang Angkutan Lebaran 2024 terdiri dari 320.214 penumpang KA Jarak Jauh Komersial dan 73.615 penumpang KA Jarak Jauh PSO.

Puncak volume keberangkatan tertinggi terjadi pada H2+2 atau Sabtu, 13 April 2024, dengan 31.290 penumpang, meningkat 21% dibanding periode yang sama pada Angkutan Lebaran 2023.




TOP 5 KA Daop 5 Purwokerto dengan okupansi volume penumpang tertinggi selama Angkutan Lebaran 2024 adalah KA Kutojaya Selatan (Stasiun Kutoarjo-Kiaracondong) dengan 14.511 penumpang, diikuti oleh KA Serayu (Stasiun Purwokerto-Kiaracondong-Pasar Senen) dengan 13.047 penumpang, KA Kamandaka (Stasiun Purwokerto-Semarang Tawang Bank Jateng) dengan 11.884 penumpang, KA Sawunggalih (Stasiun Kutoarjo-Pasar Senen) dengan 11.864 penumpang, dan KA Logawa (Stasiun Purwokerto-Surabaya Gubeng-Jember) dengan 11.611 penumpang.

Stasiun Pasarsenen menjadi tujuan favorit penumpang dengan 66.289 penumpang, diikuti oleh Stasiun Kiaracondong (31.699 penumpang), Stasiun Yogyakarta (31.250 penumpang), Stasiun Gambir (24.402 penumpang), dan Stasiun Bekasi (24.105 penumpang).

Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan perjalanan mudik maupun balik bersama kereta api pada Angkutan Lebaran 2024. Dia juga mengapresiasi semua pihak terlibat yang mendukung keberhasilan angkutan ini, serta menegaskan komitmen KAI untuk terus meningkatkan inovasi dan memberikan layanan terbaik demi keamanan, kenyamanan, dan kepuasan pelanggan.